Mekanisme pencernaan lemak dalam tubuh pdf

Hydrogen dari NADH ditransfer ke flavoprotein, quinon, sitokrom b, sitokrom c, sitokrom a3, terus direaksikan dengan O2 membentuk H2O dan energy. Setelah memasuki sel mukosa, asam lemak dan monogliserida bergabung lagi menjadi trigliserida.

Beberapa peptidase untuk memecah peptide kecil menjadi asam amino Empat enzim sukrase, maltase, isomaltase, dam lactase untuk memecah disakarida menjadi monosakarida.

Sistem Pencernaan Pada Manusia Singkat dan Lengkap

Dinding usus juga mengeluarkan hormon sekretin dan pankreozinin. Di mulut berlangsung dua jenis pencernaan, yaitu: Kelenjar Digesti Glandula Digestoria 2.

Bagaimana reaksi meatabolisme karbohidrat? Bagian utama dari esofagus dikelilingi oleh beberapa kelenjar mukus sederhana. Sistem atau alat pencernaan pada ikan terdiri dari dua mekanisme pencernaan lemak dalam tubuh pdf, yaitu saluran pencernaan Tractus digestivus dan kelenjar pencernaan Glandula digestoria.

Pada asam lemak tidak jenuh, atom hidrogen yang menempel pada karbon lebih sedikit. Untuk mendukung fungsi mengenali rasa, pada permukaan lidah terdapat papilla-papila yang di dalamnya terdapat puting-puting pengecap rasa. Pankreas merupakan organ yang mensekresikan bahan enzim yang berperan dalam proses pencernaan.

Fungsi dari saliva dapat disimpulkan sebagai berikut: Oleh karena itu, hasil akhir total dari siklus Krebs tersebut adalah 2 kalinya. Makanan didorong melalui kerongkongan bukan oleh gaya tarik bumi, tetapi oleh gelombang kontraksi dan relaksasi otot ritmik yang disebut dengan peristaltik.

Pengecapan dirasakan oleh organ perasa yang terdapat di permukaan lidah. Sebagai penahan goncangan dan pelindung bagi organ vital tubuh. Sekresi HCL oleh dinding — dinding lambung akan mengaktifkan enzim pepsinogen menjadi enzim pepsin. Keasaman lambung yang tinggi juga berperan sebagai penghalang terhadap infeksi dengan cara membunuh berbagai bakteri.

Berdasarkan proses pencernaannya dapat dibedakan menjadi digesti makanan secara mekanis, enzimatis, dan mikrobiotis. Ileum Absorpsi melalui villi usus. Neurotransmitter Neurotransmitter ada banyak macam, dan mereka berpengaruh terhadap nafsu makan. Lipase, zat lipase fungsinya untuk memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.

Kelenjar submandibularis berada di rahang bagian bawah, berfungsi menghasilkan getah yang mengandung air dan lendir. Ludah mengandung enzim ptyalin amylase yang berperan mengubah zat karbohidrat amilum menjadi maltose gula sederhana.

Stress dapat mempengaruhi selera makan dan dapat menyebabkan penumpukan lemak semakin meningkat, secara mudah mekanismenya dapat dijelaskan sebagai berikut: Gigi tetap memiliki rumusan 6 gigi geraham belakang, 4 geraham depan, 2 gigi taring, dan 4 gigi seri pada masing-masing rahang, baik rahang atas maupun rahang bawah.

Mukus yang disekresi oleh kelenjar campuran pada esofagus bagian atas akan mencegah ekskoriasi mukosa akibat makanan yang baru saja masuk, sedangkan kelenjar campuran yang berada didekat sambungan esofagogastric akan melindungi dinding esofagus dari pencernaan oleh asam getah lambung yang sering mengalami refluks dari lambung kembali lagi kebagian bawah esofagus.

Ekskresi karena mengandung pigmen empedu yang selanjutnya dikeluarkan lewat feses dan urine. Metabolisme Protein. Enterosit mukosa, terutama yang menutupi vili, mengandung enzim pencernaan yang mencerna zat-zat makanan khusus ketika makanan diabsorbsi melalui epitel.

Dibedakaan menjadi: Kontraksi ini dapat menimbulkan rasa nyeri ringan di bagian bawah lambungdisebut Hunger Pans. Reaksi ini adalah reaksi oksidasi yang mengubah hidroksiasil koenzim A menjadi ketoasil koenzim A.

Dengan demikian kalian dapat menemukan perbedaan jumlah antara gigi susu dan gigi tetap. Tetapi bila pankreas mengalami 14 P a g e gangguan fungsi, aktifitas lipase ludah dan lambung akan meningkat.

Sel-sel ini berbentuk poligonal, sitoplasma granulair dengan tetes-tetes glikogen. Kelenjar ini menyekresi mucus yang alkalis dalam jumlah besar.

hermawanbtl

Untuk mengetahui pengertian metabolism. Fungsi lemak pada manusia adalah sebagai sumber energi selain karbohidrat. Di samping gigi seri terdapat gigi taring. Pada rahang bawah terdiri dari 4 gigi geraham belakang, 2 gigi seri dan 4 gigi seri.

Metabolisme Lemak dalam Tubuh

Menurut histologi. Metabolisme protein menurut Suparyanto dalam Mulasari dan Tri yaitu:Ingesti, memasukkan makanan ke dalam tubuh Mengalirkan makanan sepanjang saluran pencernaan Digesti, memecah makanan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil baik secara kemis maupun mekanis Absorbsi, menyerap makanan dari saluran pencernaan dipindahkan ke sistim kardiovaskuler dan limfa untuk diedarkan ke seluruh tubuh.

terusun atas asam lemak dan gliserol.

PENCERNAAN, ABSORBSI DAN TRANSPORTASI

Kolesterol dalam makanan kebanyakan berasal dari kolesterol hewan, sedangkan kolesterol dari tumbuhan sukar diserap oleh mukosa ancientmarinerslooe.comi lemak makanan meliputi: 1. Pencernaan lemak di mulut oleh enzim lipase yang dihasilkan kelenjar Ebner’s yang terdapat pada permukaan dorsal lidah dikenal sebagai enzim.

Lipid/ Lemak Diabsorbsi terutama dalam bentuk asam lemak dan gliserol. Asam lemak →bentuk utama lemak di dalam darah. Asam lemak esensial yang harus disuplai dari makanan ialah asam linoleat dan asam lenolenat.

⇒sebagai prekursor untyuk prostaglandin, tromboksan, dan leukotrien. Zat ini dapat digunakan sebagai sumber energi.

Proses Pencernaan Mekanik dan Kimiawi (Penjelasan Detail)

Dalam keadaan ini, saliva atau asam lambung me rupakan media pertahanan tubuh. Namun, kadang-kadang satu bakteri dapat Page 5 Strategi Pertahanan Tubuh 3lolos dan. 5/17/ · Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, kami ucapkan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada penyusun, sehingga dapat menyelesaikan makalah yang berjudul pencernaan dan penyerapan vitamin serta mineral guna memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Gizi Pangan.

Metabolisme Lemak. Proses metabolisme di dalam tubuh baik yang berasal dari karbohidrat, protein, dan lemak berfungsi untuk menghasilkan energi tubuh untuk bergerak dan memenuhi kebutuhan energi di dalam sel. karena itu semua proses metabolisme tersebut, asetil Ko A memiliki peranan yang sangat besar dalam menghasilkan energi.

Mekanisme pencernaan lemak dalam tubuh pdf
Rated 5/5 based on 29 review