Metabolisme gliserol

Pengertian Gliserol

Jalur-jalur Metabolisme Lemak Lemak yang kita peroleh sebagai sumber energi utamanya adalah dari lemak netral, yaitu trigliserid ester antara gliserol dengan 3 asam lemak.

Glukosa merupakan karbohidrat terpenting. Beberapa lipid non gliserida disintesis dari asetil KoA.

Semua sintesis terjadi di dalam kompleks multi enzim-fatty acid synthase. Glukosa diubah menjadi karbohidrat lain misalnya glikogen untuk simpanan, ribose untuk membentuk asam nukleat, galaktosa dalam laktosa susu, bergabung dengan lipid atau dengan protein, contohnya glikoprotein dan proteoglikan.

Penjelasan Lengkap Materi Sintesis, Jalur Metabolisme Lemak dan Gliserol

Gabungan lipid dengan protein lipoprotein merupakan contoh dari lipid kompleks Ada 4 klas mayor dari lipoprotein plasma yang masing-masing tersusun atas beberapa jenis lipid, yaitu: Lilin waxes adalah ester asam lemak dengan alkohol monohidrat yang mempunyai berat molekul lebih besar.

Kolesterol juga menjadi bagian dari beberapa hormon. Hal ini digunakan sebagai antibeku molekul oleh organisme tertentu. Selanjutnya asetil KoA masuk ke dalam siklus asam sitrat. Setiap gliserol mungkin berikatan dengan 1, 2 atau 3 asam lemak yang tidak harus sama.

Pendahuluan Secara umum senyawa yang disebut lipid biasanya di artikan sebagai suatu senyawa yang dalam pelarut tidak larut dalam air, namun larut dalam organic.

Selanjutnya, kolesterol mengalami steroidogenesis membentuk steroid. Malam sering digunakan sebagai lapisan pelindung untuk kulit, rambut dan lain-lain. Asetil KoA mengalami kolesterogenesis menjadi kolesterol.

Adapun tahap-tahap penyimpanan tersebut adalah: Hormon ini berhubungan dengan proses metabolisme karbohidrat, penanganan penyakit arthritis rematoid, asthma, gangguan pencernaan dan sebagainya. Dalam tahap ini dihasilkan energi berupa ATP. Molekul trigliserida terdiri dari satu molekul gliserol dikombinasikan dengan tiga molekul asam lemak.

Selanjutnya asam-asam lemak dan gliserol tersebut, dibentuk kembali menjadi simpanan trigliserida. Jika sewaktu-waktu tak tersedia sumber energi dari karbohidrat barulah asam lemak dioksidasi, baik asam lemak dari diet maupun jika harus memecah cadangan trigliserida jaringan.

Sfingolipid Sifongolipid adalah fosfolipid yang tidak diturunkan dari lemak. Asam-asam lemak rantai pendek juga dapat melalui jalur ini. Saat ini, nama gliserol mengacu pada senyawa kimia murni dan komersial dikenal sebagai gliserin.

Lemak - Umumnya diperoleh dari hewan - Berwujud padat pada suhu ruang - Tersusun dari asam lemak jenuh 2. Lemak termodifikasi ketika fosfat mengganti salah satu rantai asam lemak. Gambar 3.

Glikolemak adalah campuran asam lemak dengan karbohidrat yang mengandung nitrogen tetapi tidak mengandung asam fosfat. Kolesterol juga menjadi bagian dari beberapa hormon.

Proses pemecahan trigliserida ini dinamakan lipolisis. Melalui beberapa tahap reaksi bagian asetat dari asetil KoA akan membentuk asam-asam lemak jenuh berupa asam palmitat C16asam stearat C18 atau asam arakidonat C Ilustrasi peran masing-masing dari 4 klas besar lipoprotein Lipid non gliserida Lipid jenis ini tidak mengandung gliserol.

Contohnya benzena, eter, dan kloroform.Metabolisme karbohidrat merupakan pusat dari semua proses metabolisme; glukosa dimetabolisme mellui tahap oksidatif yang berlangsung secara aerobik (dalam mitokondrio) maupun anaerobik (dalam sitosol) yang menghasilkan pembentukan ATP (adenosin trifosfat) · Trigliserida: ester gliserol.

Penjelasan Lengkap Materi Sintesis dan Jalur Metabolisme Lemak & Gliserol - Lemak dan protein juga dapat digunakan sebagai sumber energi bagi tubuh.

Seperti proses metabolisme karbohidrat, metabolisme protein juga melalui beberapa tahapan reaksi. Metabolisme lipid Lipid yang kita peroleh sebagai sumber energi utamanya adalah dari lipid netral, yaitu trigliserid (ester antara gliserol dengan 3 asam lemak).

Secara ringkas, hasil dari pencernaan lipid adalah asam lemak dan gliserol, selain itu ada juga yang masih berupa monogliserid.

Nov 02,  · nasib lemak di tubuh (matabolisme lemak, TAG, Gliserol, Asam Lemak bebas) Chrisan Bimo. Loading Unsubscribe from Chrisan Bimo?

E-learning (Metabolisme Lemak) - Bagian 2 -.

Metabolisme Gliserol dan Asam Lemak

Gliserol ini selanjutnya masuk ke dalam jalur metabolisme karbohidrat yaitu glikolisis. Pada tahap awal, gliserol mendapatkan 1 gugus fosfat dari ATP membentuk gliserol 3-fosfat.

Selanjutnya senyawa ini masuk ke dalam rantai respirasi membentuk dihidroksi. Jun 02,  · Metabolisme lipid.

Lipid yang kita peroleh sebagai sumber energi utamanya adalah dari lipid netral, yaitu trigliserid (ester antara gliserol dengan 3 asam lemak). Secara ringkas, hasil dari pencernaan lipid adalah asam lemak dan gliserol, selain itu ada juga yang masih berupa monogliserid.

Metabolisme gliserol
Rated 4/5 based on 23 review